ZIONIS 21

       ” Ketika itu tuhan menampakan diri kepada abraham dan berfirman” aku akan memberikan   
          negeri ini kepada keturunanmu” maka didirikanya disitu mezbah bagi tuhan yang telah 
          menampakan diri kepadanya” { kej 12;7]

        Tanah perjanjian membawa semangat dan trauma tersendiri bagi pengiman paham monotheisme pada milenium ini. semangat karena suara suci memberikan daya gugah akan harapan terwujudnya kerajaan tuhan bersama hukum-hukumnya dibumi. traumatis karena proses peralihan tanah yang dijanjikan adalah proses pemusnahan dan pengusiran bangsa lain yang sebelumnya beranak pinak selam ribuan tahun. konflik tanah perjanjian adalah poros konflik abadi manusia dari dulu sampai sekarang.Bagaimanapun juga proses perebutan dan pengusiran atas tanah yang dijanjikan tidak selugu yang tertuang dalam alkitab yang menjadi pedoman manusia sekarang.
        Kisah yang bermula dari sekelompok pengungsi dari babilonia yang keluar dari negeri atas ajakan dan panduan suara suci yang diyakini sebagai suara tuhan. idealisme abraham yang memberontak dari pakem penguasa nimrod yang secara politik adalah penguasa yang berorientasi kepada sistem kolonialis akan tetapi abraham melihat nimrod tidak mempunyai kebijakan atau sandaran yang konstan atas visi dari negeri babylonia. Sedangkan penuhanan baru atau ideologi yang disuarakan tuhan abraham adalah membentuk identitas tanpa mencari afiliasi dengan bangsa lain. afiliasi sitem terhadap bangsa lain disikapi abraham adalah pemberhalaan yang mengancam existensi dari babylonia sendiri. negeri kanaan adalah wialyah yang selalu difirmankan untuk dijadikan sistem yang dibawa abraham dan keturunanya. Akan tetapi janji pemenuhan kepada abraham bahwa tanah kanaan pemenuhan nubuahnya akan ditempati oleh keturunanya bukan abraham sendiri, sehingga sampai akhir hayatnya abraham belum menaklukan ataupun memberlakukan idealisme yang dia bawa. Negeri kanaan jatuh ketangan  keturunan abraham setalah hampir 1000 tahun kemudian pada jaman yosua. dan proses pengambilan tanah itulah yang selalu membawa kutuk tersendiri kepada keturunan abraham yang selalu terjebak dalam konflik perebutan kekuasaan yang berdarah-darah dikemudian hari.
     keturunan ibrahim mempunyai pencabangan yang sangat banyak akan tetapi hanya silsilah dari keturunan yakob yang diabadikan, tidak ada kejalasan kenapa hilangya silsilah dari keturunan ishak seperti essau dan ismail dari jalur hajar. banyak indikasi menyimpulkan pada masa awal sara adalah wanita yng hebat akan tetapi mempunyai sifat rasis terhadap keunggulan keturunanya. semua riwayat yang diabadikan dalam alkitab adalah silsilah kenngratan murni dari babylonia. yakob dijodohkan dengan anak saudaranya abraham asli babylonia, sedangkan essau putra sulung abraham pewaris sah bintangnya redup karena menikahi wanita bukan dari keningratan babylonia. dan konflik kekuasaan ini telah dimulai ketika tahta sah yang seharusnya ketangan essau direkayasa sara sehingga jatuh ketangan yakob.
    kehebatan sepak terjang keturunan abraham mencapai jayanya ketika negeri kanaan dipimpin oleh; yosua, daud dan solomon dan kemudaia hancur akibat konflik dan proses asimilasi dengan bangsa lain yang sangat diharamkan oleh tuhan abraham,musa ini selebihnya bangsa abraham yang lebihdikenal dengan israel ini mengalami diaspora secara berkesinambungan sampai masehi awal sebelum pahlawan besar yesus memberi pengkabaran tentang ide kerajaan tuhan yang dulu pernah dijayakan oleh nenek moyang mereka. akan tetapi bangsa israel seperti telah porak poranda setelah penolakan mesiah yesus sebagai penyalamat mereka. Penolakan iman kepada yesus semata-mata kerena yesus selalu memberikan pengkabaran tentang nubuah-nubuah yang di ceritakan oleh nabi yesaya, yunus yang kesemuanya adalah nabi-nabi yang muncul dari diaspora babylonia pada pemerintahan nebudkadnezar. itulah alasan penolakan para rabi bangsa yahudi terhadap yesus, karena prasangka orang israel yang tidak mengalami diaspora pada jaman nebudkadnezar melihat nabi-nabi itu adalah palsu karena mereka hidup dinegeri yang penyembah berhala yang tidak menutup kemungkinan ajaran-ajaraan/ nubuah-nubuah itu telah bercampur aduk dengan paham dari negeri nebukadnezar.
      kehancuran demi kehancuran terus dialami bangsa israel dari awal masehi dimana kekaisaran roma mencengkeram bangsa israel selama ratusan tahun sampai dengan abad kesepuluh dalam perang salib yang dikobarkan eropa dalam upaya membebaskan kota yerusalem dari cengkraman kaum sarasin[ muslim]. pada masa itu populasi israel terus diburu oleh pengiman yesus dari benua eropa karena dosa israel yang menghukum yesus ketiang salib. sampai sekarang dosa itu terus menghantui bangsa israel dan akan terus mengahntui sampai israel sanggup berdiri sendiri atas tanah sendiri dan hukum sendiri. dan kita telah melihat sentiment antisemit bisa kapan saja dimunculkan dan bukan tidak mungkin bangsa israel berada diambang kepunahan. dan apabila perjanjian ballfour yang dipelopori inggris dalam upaya kolonialime atas timur tengah tidak segera terwujud bangsa yahudi hanya tinggal menunggu waktu menghadapi pemusnahan atau holocoust yang dihembuskan oleh kaum kristen eropa atau muslim pada waktunya nanti.

                                                                ZIONIS 21

    munculnya tokoh-tokoh pendiri negeri israel yang banyak dipelopori oleh yahudi asal rusia pada tahun 1923 didasarkan oleh kondisi yang mendesak atas apa yang dinamakan upaya penyelamatan dengan perangkat AVODAH. semangat yang bercampur antara impian mesianistik dengan impian berkarya yang di pelopori kaum-kaum terpelajar baik yang berdisiplin ortodok ataupun sosialis. perjuangan kaum yahudi mendirikan juga mengalami konflik-konflik internal sampai sekarang. berbagai kelompok ortodok yang menjembatani terbentuknya pondasi bengsa yahudi antara lain :
   1. MIZRACHI
   2. GUS EMUNIM
kedua kelompok ini menekankan sebuah bentuk negara yahudi yang berdasarkan hukum-hukum taurot dan memhami makna penting negara yahudi untuk menjaga identitas yahudi, mereka tidak memaksakan untuk bisa masuk dalam anggota knesset[ parlemen yahudi]. sebagian dari kelompok ortodok ini juga berafiliasi dengan partai religius nasional, akan tetapi kelompok ortodok belum cukup pengaruh untuk memastikan perangkat taurot cocok untuk menjadi dasar negeri yahudi yang baru ini, sedangkan partai religi nasional lebih tertarik hukum-hukum seperti penetapan hukum-pernikahan, label halal restoran, pengharaman makan babi dan penghormatan hari sabat, ataupun tata cara pernikahan telah diadopsi dengan baik sebagai panduan umum bangsa yahudi.
    Dalam mendeklarsian negara israel pada awalnya telah memunculkan pertikaian-pertikaian dengan populasi arab yang pada waktu itu jumplahnya lebih banyak dari populasi yahudi. dan ini sangat meragukan cita-cita ini dapat terwujud. munculnya kelompok garis keras seperti  kelompok lehi dan irgun yang begitu bengis mengusir desa-desa arab juga telah memberikan sumbangsih akan identitas yahudi pada abad 21 ini. alasan pengusiran ini juga dilatar belakangi sikap inggris yang secara politis tidak memberikan ruang politik buat bangsa yahudi untuk menjadi negara yang berdaulat. estimasi jumplah penduduk negeri israel pada waktu itu adalah:
    Jumplah keturunan arab kurang lebih  500.000 jiwa
    Jumplah populasi kristen kurang lebih  21.000 jiwa
    Jumplah populasi yahudi  kurang lebih  26.000 jiwa
jumplah etnis arab yang besar dikarenakan sebelumnya wilayah israel berada dalam kekuasaan kerajaan turki. dan etnis arab yang berusaha menguasai wilayah israel [sekarang ] adalah kelompok pemberontak yang didukung inggris dalam menghancurkan kerajaan turki. pernyataan politis pemerintah inggris tentang “rumah nasional ” bagi bangsa yahudi itu menjadikan dan memunculkan kelompok-kelompok radikal yahudi melawan pemerintah inggris. dan dari perlawanan itu sempat memunculkan sentimen anti semit di negara inggris. kebijakan pemerintah inggris yang serakah melihat timur tengah dengan sumber daya alamnya menjadikan suara bangsa yahudi tidak diperhatikan dan lebih menginginkan wilayah israel dipimpin oleh etnis keturunan arab. Disaat harapan satu-satunya inggris tidak bisa dihandalkan akhirnya bangsa yahudi mendapatkan dukungan dari amerika dalam mendapatkan kedaulatan penuh atas wilayah israel. hubungan amerika dengan israel mempunyai nilai sejarah dan timbal balik yang kuat. amerika memerlukan kawan ditimur tengah dan yahudi berhutang budi atas kemerdekaannya dan keduanya berkomitmen  akan saling melindungi semua kepentingan politisnya.
     Meskipun negeri israel murni sekuler akan tetapi semangat yang ditanamkan kepada penduduknya selalu mendasarkan akan semangat taurot dalam mengakarkan identitasnya. kelompok-kelompok ortodok tetap menginginkan adanya sebuah negara israel berdasar kepada aturan taurot sampai sekarang, kelompok religius yahudi melihat bentuk sekuler menjadikan bangsa yahudi bertambah materialistis dan banyak dicemari oleh pemujaaan berhala sekuler. orang-orang yahudi  memuja tuhan baru seperti ; uang dan kesenangan bahkan ideologi-ideologi buatan manusia seperti nasionalis yang seharusnya menyembah YAHWEH. karena itu bentuk negara sekuler telah mencemari kesakralan tanah israel. Bagi religius yahudi AVODAH berarti menjaga 613 ketetapan/perintah taurot dinegeri alkitab dalam upaya pemulihan kuil bangsa yahudi.
     Sedangkan kaum sekuler yahudi{sekarang} memandang pengabdian keagamaan[AVODAH] berarti kekaryaan atau bekerja dan membentuk negara yang kuat menghadapi diaspora baru dan menciptakan negeri yang mandiri yang ideal dan berdaulat dengan hukum yang bisa bersanding dengan bangsa lain. visi sekuler yahudi menegaskan tidak bisa menunggu impian-impian kedatangan mesias baru seperti apa yang menjadi disiplin kaum ortodok yahudi, disisi lain ancaman dari liga arab telah mengepung dengan kebencian dan pemusnahan. para sekuler yahudi sendiri banyak yang terdidik dari disiplin ortodok akan tetapi mereka lebih mengedepankan pola pikir yang pragmatis. para zionis buruh boleh jadi menjadi penerjemah akan visi kaum mizarchi yang terpola akan kerajaan seribu tahun dan para zionis buruh[sekuler]mangaplikasikan kedalam idiom sekuler[ israel sekarang].
    Liga arab tidak akan membiarkan  sebuah negeri berdiri ditanah israel untuk sebuah upaya penghapusan dosa yang dilakukan bangsa eropa atas apa yang dinamakan anti semit yang telah mereka tebarkan sejak abad 10 sampai era nazi jerman. negeri israel bagi bangsa arab lebih bermakna historis dan religi dari pada politis seperti apa yang bangsa eropa programkan sekarang. Kapitalis eropa dan amerika hanya melihat timur tengah adalah ladang kolonialis baru dengan sumber daya alam yang melimpah dari pada misi kemanusiaan yang sering mereka janjikan.
    Konflik israel dan arab telah merambat dari perebutan wilayah atas klaim pemilik sah atas tanah suci dan menjadikan konflik ini bermuara kepada konflik agama dan secara politis eropa telah terbebas akan dosa anti semit lama mereka. kebencian islam kepada israel telah membatu dan program kolonialisme eropa segera lengkap. Meskipun bangsa islam dan israel terus berlomba membuat korban-korban baru kapitalis dan kolonialisme hanya melihat sebuah sumber daya alam yang melimpah yang akan menyokong hegemoni mereka atas dunia.

   ” weak up..! to those whose claim that jews, cristian and moslem are come from same anchestor 
     [ abraham}”
   

About patribumi

sumbangsih kita dituntut dibumi yang cuma satu ini... berbagi memahami introspeksi ke arah yang martabat yang berdaulat

sharing in wisdom

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: