the grece city of wisdom

Philosophy adalah studi umum yang membahas secara fundamental masalah kelanjutan tentang realitas, ilmu pengetahuan, kebenaran, keindahan, hukum, keadilan,pemikiran, dan sastra. Philosophy merujuk dari cara yang berbeda dalam menanggapi, menyikapi permasalahan tentang mistik atau mithologi dengan study kritis, umum dan logika.

 kata filosofi asli berasal dari yunani:φιλοσοφία, philosophía, “love of wisdom”.

Sebelum muncul ilmu Philosophy seperti “folk wisdom”, Mythologi, agama and lainya telah muncul dalam menjelaskan arti kehidupan, alam semesta dll.Ilmu Philosophy hadir untuk melawan keyakinan kuno[old belief dalam memetakan arti dan pencarian kebenaran

Philosophy lebih mendekatkan spekulatif dari pada data sejarah, dengan konsep analisa dan logika

     Sejarah pembuatan norma dan kebenaran selalu bertautan dengan para leluhurnya dan tidak serta merta instan dan terpaket, bahkan suara firman tuhan juga masih ada yang menganggap adalah bagian dari pentradisian kearifan secara berkelanjutan.

banyak aneka cabang ilmu dalam mencari pemahaman tentang kebenaran sampai tentang memetakan sebuah sistem bernegara juga tidak bisa diacuhkan dari ilmu satu ini.

Telah terjadi gesekan dan persaingan atas existensi tentang realitas antara ilmu filosofi dengan ilmu agama yang dianggap[ sebagai keyakinan kuno]

perkembangan ilmu ini telah merambah dan berkembang dalam bentuk0bentuk ideologi baru, seperti dalam chart  bagaimana mark yang menganut sosialis, locke, dll, dan kemudian merambah ke darwin, francis bacon yang mempunyai versi sendiri dalam merancang sebuah struktur sosial masyarakat yang normatif.

Semua bentuk ideologi baik republik, komunis berasal dari cabang yang sama. plato yang selalu mengusung sistem pembagian kelompok masyarakat kedalam tiga golongan; kelompok filsuf, warior[tentara]dan rakyat, yang kesemua harus mempunyai kemampuan yang telah dipetakan dalam menjaga kulitas masyarakat.

  • Kelompok filsuf yang diarahkan memegangkepemimpinan atau raja adalah haruslah seorang yang terpilih sejak kecil dan dididik dan disiapkan sebagai seorang raja dan dimatangkan dengan ilmu filosofi sehingga kelak menjadi raja yang menjiwai filosofinya.
  • Kelompok tentara adalah juga harus memenuhi kriteria seorang pejuang dan pemberani yang akan menjaga kedaulatan dan ketertiban dalam masyarakat.
  • Kelompok rakyat adalah kelompok karya yang mengabdi dan mendedikasikan kedalam ruang bisnis seperti pedagang, petani dll

bentuk rezim yang bercokol lama dalam bernegara dan membawa unsur keturunan adalah bentuk pemerintahan republik ciptaan filosofi terkenal plato si murid socrates.

Dan di indonesia juga telah menjadi dogma lama perpolitikan bahwa anak president harus jadi president, .. atau yang lainya ini adalah efek ilmu plato.

bahkan sistem keagamaan yang terlanjur terdogma membawa unsur keturunan sebagai jaminan kualitas manusia telah memapankan plato sebagai manusia yang mampu mengarahkan arah dan menjadi rujukan semua ilmu bahkan ilmu yang diyakini jutaan manusia sebagai ucapan sang pencipta atau firman-firman di kitab-kitab suci

 

About patribumi

sumbangsih kita dituntut dibumi yang cuma satu ini... berbagi memahami introspeksi ke arah yang martabat yang berdaulat

sharing in wisdom

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: